Jasa pembuatan patung fiber, pengrajin patung fiber, jasa patung fiber

Berbagai macam jenis patung hewan, manusia, maupun kendaraan berbahan fiber sudah pernah dibuat oleh Sandy Suprapto. Untuk patung terbesar yang pernah dibuat oleh pria 43 tahun ini, berupa mobil yang kini bisa dijumpai di Museum Angkut + Movie Star Studio.

Patung mobil itu sepanjang sembilan meter. Kala itu bengkel kerja Sandy terasa sesak. “Itu karya yang ukurannya paling besar menurut saya. Ruang kerja ini saja hampir tidak cukup. Hanya bisa menampung satu patung itu saja,” kenang bapak tiga anak ini.

Sedangkan patung tertinggi yang pernah dibuat oleh Sandy adalah patung jerapah. Patung  itu pesanan Jawa Timur Park 2. Meskipun tinggi, namun ruang kerjanya masih bisa menampung patung tersebut.

Sedangkan pengerjaan patung tersulit yang pernah dibuat oleh Sandy adalah patung kuda. Patung tersebut merupakan pesanan dari penangkaran kuda yang ada di Dusun Dresel Desa Oro-oro Ombo Kota Batu.

Menurutnya, kuda merupakan hewan yang istimewa. Segala lekuk tubuh dan ukurannya sangatlah proporsional sehingga membutuhkan kejelian dalam membuatnya. Termasuk ketika membuat moncongnya.

”Kalau moncongnya kepanjangan jadi unta. Tapi kalau kependekan jadi anjing. Jadi harus pas,” ungkap Sandy.

Hal tersebut membuatnya bekerja lebih keras demi menghasilkan patung kuda yang sempurna.

Dalam proses pembuatan patung fiber, yang pertama kali dilakukan Sandy adalah membuat master atau cetakannya terlebih dahulu.

Setelah itu baru membentuk bahan fiber sesuai dengan cetakan tersebut. Setelah mengeras dan bentuknya sesuai, maka Sandy dan keempat rekan kerjanya mulai melapisinya dengan cat dasar, kemudian cat inti, dan terakhir finishing untuk memberikan kesan mengkilap pada patung. (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *